Jumat, 13 Februari 2015

Marketing!

hello guys, kali ini aku mau bahas yang baru yaitu marketing,nah di marketing ini dosen aku tu bilang marketing tu engga cukup 4P/7P dan bahkan juga cuman ningkatin sales/penjulanan dalam perusahaan terebut.setelah aku pikir,gak mungkin masak penjualaannya doank, keuntungan nya donk?atau profit nya gimana dunk?, ternyata bener dosen aku bilang kalau marketing itu gak focus yang tadi aku bilang, tapi profit/keuntungannya itu.

nah,setelah di jelas in ama dosen aku,marketing di bagi 3 kelompok, antara lain

  1. Identifikasi

  2. Aktivitas Marketing

  3. Result

 
 
nah dari 3 ini aku mau bahas satu per satu ya guys!
  1. Identifikasi, di dalam hal tersebut ada beberapa komponen yang aku sebut 4C apa saja yaitu:
  • Competitor
  • Company
  • Change
  • Customer
nah,didalam 4C ini kita bisa mengetahui persaingan seperti apa sih?dan itu kita harus mencari tahu untuk kita bisa ikut bersaing,setelah itu di company/perusahaan kita harus tau titik lemahnya dari saingan perusahaan kita itu di bagian mana sih dan kita harus lebih bisa unggulin hal tersebut,setelah itu change/berubah diposisi mana kita sebagai perusahaan yang bersaing harus berubah,dalam berubah itu kita harus berbeda dengan perusahaan lain,otomatis sesuatu yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain dan kita memilikinya,setelah itu kita focus ke konsumen jadi hal yang terakhir kita harus ngerti yang di butuh in konsumen apa,dan yang lagi tren di kalangan konsumen apa,sehingga kita sebagai perusahaan harus bisa memenuhi keinginan konsumen.Setelah 4c ini berjalan sesuai target maka otomatis perusahaan kita akan mendapatkan profit yang bagus. Jadi itu penjelasan menurut aku guys!
 
       2.Aktivitas Marketing,di aktivitas marketing ini aku mau jelasin ad 4tahap juga,yaitu
  • akusisi konsumen, dalam akusisi konsumen itu kita harus bisa pintar-pintar merebut konsumen kita jatuh kita kepada produk/brand kita.
  • dengan pintar nya akusisi konsumen,sehingga otomatis kita juga harus membuat konsumen itu beli barang lagi dan terus beli barang dengan brand/merk pertama di beli oleh konsumen,dan pokoknya konsumen inget dengan brand kita dan puas.
  • yang ke 3 ini beli lebih banyak,maksudnya ini aku mau beri contoh di toko sperpart mobil motor,konsumen beli barang A,lalu penjual nawar in banyak barang lain nya yang sebagai pelengkap barang A,sehingga konsumen beli lagi dan lagi,hal ini aku sebut juga cross selling
  • hal terakhir yaitu rekomendasi,dalam hal ini dimana kita sebagai penjual atau pemilik brand harus bisa membuat konsumen itu loyal,dan setia kepada produk kita dan menjadi konsume yang tetap atau bisa dikataan konsumen yang setia kepada produk kita dan produk kita di prioritaskan nomer 1 oleh konsumen.
      3.Result, yang terakhir ini adalah apa sih yang kita dapat kalau 2hal di atas kita tercapai dan target nya itu udah bener,ada 2 hal penting kita harus di ketahui yaitu
  • Profit, nah jadi marketing yang baik dan benar pasti profit nya tingga dan baik.
 
  • BEP(Break Even Point), dalam hal ini dimana pengeluaran dalam perusahaan itu bisa tertutupi oleh pemasukanya bahkan bisa menjadi tidak rugi.
 
  • Sustainability/Growth, perusahaan brand ini tetap melakukan perubahaan yang besar dan tetap memegang konsumen lama,maksud nya perushaan ini melakukan perubahaan dalan produk dengan brand sama,terus konsumen lama tetap menikmati dan konsumen baru mencoba produk tersebut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar