Dari pembahasan yang 1 dari brand positioning ini kan produk/merk yang melekat di pikiran atau hati konsumen yang jadi nomer 1 buat konsumen, nah pembahasan yang ke 2 ini aku mau bahas tentang bagaimana merk suatu produk itu memikat konsumen tersebut, setelah googleing ada beberapa point,tapi aku akan mengambil point yang menurut aku penting yaitu:
Penonjolan Karakteristik Produk
Penonjolan Harga
Positioning menurut kelas
Penonjolan Fungsi/Kegunaan
jadi ada 4 point ini yang aku ambil dan aku mau jelas ini 4 point ini dengan contoh.
Penonjolan Karakteristik Produk
Dalam penonjolan karakter produk ini,menurut aku yang di tonjolkan karakter nya saja, contoh fruit tea, minum teh yang banyak macem rasa nya gitu,yang aku pikir in kalau teh itu harus nya yang panas, nah karena penonjolan karakter ini sehingga teh fruit tea ini bisa di minum keadaan dingin dan apa lagi di siang hari bahkan sedang makan, jadi seperti itu contoh nya kurang lebih.
Penonjolan Harga
penonjolan harga ini pasti kita tahu yang kalau harga lebih murah pasti di beli namun keadaan merk produk tersebut bagus dan juga dengan pesaing nya sama-sama bagus, contoh nya misal mau beli Handphone merk samsung di toko A harga nya 200.000, dan konsumen banding in harga dengan toko B dengan harga 180.000, sehingga konsumen pilih harga yang rendah, karena barang sama merk pun sama sehingga konsumen memilih harga rendah, dan harga rendah itu yang sebagai penonjolan harga dari merk tersebut
Positioning menurut kelas
yang ke 3 ini positioning menurut kelas maksud nya menurut nilai sosial konsumen ada kelas menengah ke bawah,tingkat atas dst. contoh aja samsung lihat di pasaran nya banyak banget merk samsung type nya macam-macam, nah itu dengan positioning menurut kelas samsung menjual handphone dari harga murah hingga mahal dan ter bentuk lah segmen pasar atau konsumen kelas menengah,atas,bawah.
Penonjolan Fungsi/Kegunaan
Di merk suatu produk pasti memiliki fungsi masing-masing, yang jadi persaingan di sini yaitu adanya kelebihan yang menonjol dari produk tersebut walaupun sebenarnya sama harga pun sama, contoh kalau aku sakit pilek flu, aku biasa nya beli obat neozep dan biogesik, setelah aku amati ternyataa fungsi kegunaan sama persis dan kandungan nya obat sama,namun produk neozep punya keunggulan untuk sakit pilek.
jadi menurut aku ada 4 point itu yang bikin kita pilih brand tersebut dan sampai kita jatuh cinta dengan produk tersebut.sekian guys pembahasaan tentang brand positioning, tunggu lanjutan nya ya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar