Selasa, 10 Februari 2015

Brand equity



Pada pembahasan yang ke 4 ini,aku mau ngomong in soal brand equity, menurut aku ini tu seperti kekuatan pada merk di suatu produk gitu. setelah google-ing ternyata bener brand equity sebuah kekuatan merk atau citra merek yang kuat pada suatu produk.
 
Setelah ngerti penjelasaan secara singkat itu,aku jadi inget di kehidupan aku sehari-sehari ini tu contoh nya: aku  sering beli minum di semi bestment(SB) di kampus ku unpar,nah wakut itu saya mau beli aqua, "pak,beli aqua?, si bapa nya bilang"dingin atau biasa?",aku bilang "yang biasa aja pak",lalu si bapa nya ngambil in minum mineral itu,dan sadar tidak tidak sadar aku di beri air mineral ber merk "ades",tapi aku tidak protes kalo ini 'ades',bukan 'aqua', jadi langsung aja aku sabet dan minum.
 
sehingga dalam brand equity ini jadi ingat kalo merk aqua ini sangat kuat dan bahkan penjual si bapa nya juga bilang Aqua, ternyata yang di jual Ades.sebenernya Aqua dan Ades itu berbeda merk gitu.
 
setelah aku lihat-lihat google-ing dan nemu in artikel, ternyata brand equity itu terbagi menjadi 4 yaitu ada:
  • Brand Awareness ini adalah kesadaraan kita terhadap merk tertentu pada suatu produk,jadi kaya kita itu hafal ama merk dan perusahaan nya gitu.
  • Brand Associations ini adalah seperti di pikiran konsumen itu muncul suatu merk,misal nya ke super market beli sabun mandi nah langsung muncul merk "biore" otomatis konsumen akan langsung ambil merk tersebut.
  • Perceived Quality ini adalah pendapat konsumen terhadap kualitas suatu merk pada suatu perusahaan,misal nya konsumen mau beli kamera sony,karena merk sony udah di kenal dan kualitas terjamin tanpa membandingkan konsumen langsung beli gitu.
  • Brand Loyalty ini adalah dimana konsumen membagi kan kesan kepada konsumen lain kalo merk ini dar iperusahaan itu bagus dan terjamin,misal nya kalau cewek beli sabun muka beli merk yang anggep aja merk 'zzz',ternyata kualitas bagus dan bikin kulit cerah,lalu cewek itu mengrekomendasikan kepada kerabat nya kalau beli sabun muka yang merk 'zzz' aja lebih bagus dan oke.
sekian dulu ya tentang brand equity,ada kelanjutan nya seri yang ke 2, tunggu ya guys!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar