Minggu, 12 April 2015

Private Brand


Pada waktu kelas aku kedatangan Tamu dari perusahaan Eiger, mereka menjelaskan tentang Brand Private, dalam pengertian nya adalah nama merek yang diberikan oleh pihak toko, pengecer atau distributor yang membeli barang dari berbagai produsen. singkat nya, misal aku mau bikin usaha dengan merk sendiri, lalu aku beli barang ke produsen tanpa merk, lalu barang tersebut aku jual dengan merk buatan aku sendiri, seperti itu lah Brand Private.

Private brand banyak dijumpai di supermarket dengan nama merek supermarket itu meski kebanyakan supermarket itu sendiri tidak membuat produknya, tidak memiliki pabriknya, tetapi cukup memesan dari produsen –baik dari produsen skala besar ataupun UKM- lalu memberi nama sesuai supermarketnya.Yang pernah aku temui contoh nya air mineral yang ada di Indomaret, ada air mineral yang merk nya "indomaret" dia memakai nama Brand nya sendiri walapun bahan nya tidak dari indomaret, bisa saja indomaret bekerja sama dengan perusahaan lain dan bisa membeli dari perusahaan lain lalu memakai Brand sendiri.



Kelebihan private brand adalah penghematan biaya karena memangkas marjin keuntungan dari produsen jika menggunakan nama merek si produsen. Akibatnya pihak pengecer bisa mendapat keuntungan lebih besar dan menjual dengan harga lebih murah.Sedangkan kekurangan nya dari Private brand, segi pengawasan kualitas karena memakai berbagai sumber atau produsen, membangun nama merek distributornya, dan menawarkan harga lebih murah sebagai daya tarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar